Saksi Pemilu - Aplikasi Quick Count


Ketersediaan versi aplikasi:

  1. Saksi Pemilu versi 1.0 aplikasi Quick Count untuk Admin Versi Windows/Desktop Windows 8 dan Windows 10
  2. Saksi Pemilu versi 1.1 aplikasi Quick Count Pemilu Versi Android untuk para Saksi/Koresponden/Relawan di TPS (Dapat digunakan pada OS Android minimal versi 4.1 - Jelly Bean). Download di Playstore dengan kata kunci "Saksi Pemilu"

Aplikasi dapat diunduh di http://www.kedaiscript.com secara gratis *) dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Aplikasi ini berbasis server/cloud sehingga tidak membebani device user dan dapat dijalankan jika terhubung dengan jaringan internet.

Kelengkapan Dalam Aplikasi:

  1. Dilengkapi dengan 34 nama provinsi di Indonesia, 514 nama kabupaten/kota, 7.094 nama kecamatan, 82.505 nama kelurahan.
  2. Dapat digunakan untuk alat hitung cepat (quick count) hasil Pemilu tingkat nasional (pilpres, pileg), tingkat provinsi (pilgub), dan tingkat kabupaten/kota (pilbub/pilwali). Bila digunakan untuk Quick Count hasil Pemilu Calon Legislatif, maka seorang admin bisa membuat DAPIL baik tingkat Kabupaten/Kota maupun tingkat Provinsi. Aplikasi ini bisa juga digunakan oleh Panwaslu dan siapapun untuk mengawal data hasil Pemilu dari TPS ke Pusat.
  3. Admin panel yang berfungsi untuk digunakan oleh seorang admin: membuat Channel, memasukkan nomor TPS dan ID Saksi, memantau data suara dari TPS yang dikirim oleh koresponden.
  4. Koresponden/Saksi panel yang berfungsi untuk digunakan oleh koresponden dari suatu TPS: mengirim data hasil penghitungan suara dari TPS ke dalam Channel.
  5. Publik monitor, dapat digunakan oleh siapapun untuk ikut menyaksikan hasil penghitungan suara dari suatu Channel yang diaktifkan fungsi pantauan publiknya.
  6. Tidak memerlukan SMS Gateway, karena aplikasi ini tidak menggunakan SMS.
  7. Admin maupun koresponden bisa langsung hanya menggunakan Smartphone Android yang dimiliki saat ini.
  8. Dibutuhkan koneksi data/internet untuk mengakses server.

System Kerja Aplikasi:

System
  1. Seorang user registrasi sebagai Admin melalui aplikasi versi Windows.
  2. Admin membuat satu Channel dengan nama unik.
  3. Admin membuat/generate TPS sekaligus ID Login Saksi.
  4. Saksi ID dan Password telah terhubung secara langsung pada satu TPS tertentu. Saksi ID dan Password diinformasikan kepada para Saksi.
  5. Korespoden/Saksi download aplikasi Saksi Pemilu di PlayStore melalui smartphone android.
  6. Koresponden/Saksi mengirimkan data hasil penghitungan suara di TPS.
  7. Data suara dari berbagai TPS terkumpul dalam suatu Channel.

Ilustrasi pola kerja aplikasi
Pak Badu adalah anggota tim sukses dari paslon gubernur Jagung-Ketela di provinsi Rambutan. Di Provinsi rambutan ada 2 paslon yakni Jagung-Ketela dan Apel-Mangga. Pak Badu download aplikasi lalu registrasi sebagai admin. Pak Badu membuat channel level Provinsi dengan nama Rambutan-Jagung-Ketela02. Maka Pak Badu kemudian memasukkan nama 2 paslon tersebut yakni: Jagung-Ketela dan Apel-Mangga ke dalam channel Rambutan-Jagung-Ketela02.
Pak Badu menyuruh para rekan kerjanya (koresponden) di TPS-TPS untuk download aplikasi dan login sebagai dengan menggunakan ID Saksi sesuai TPS masing-masing. Setelah selesai penghitungan suara, koresponden/saksi mengirim jumlah perolehan suara melalui aplikasi tersebut. Suara-suara yang masuk dari kiriman para koresponden, langsung dapat dipantau realtime oleh Admin. Admin juga bisa membuat hasil penghitungan di channel tersebut publik atau tidak publik. Jika diaktifkan fitur publiknya, maka masyarakat luas dapat ikut memantau hasil rekapitulasi perolehan suara di channel tersebut.



Dukung kami dengan memberi komentar positif dan bintang 5 pada aplikasi yang tersedia di Google PlayStore.
DOWNLOAD APLIKASINYA SEKARANG