Penangkapan atau Penggerebekan Terduga Teroris di Jl. Yulius Usman Malang


Sabtu, 9 Desember 2017 kira-kira pk. 09.31 WIB, anggota Densus 88 telah melakukan penangkapan terhadap Sdr. Kiki Rizky beralamat di Jl. Yulius Usman depan Alfamart Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang.
Tersangka a.n. Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah merupakan kelompok Jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah sebagai FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath
Setelah diamankan, tersangka a.n. Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah dibawa ke Mako Brimob Ampeldento Malang untuk Interogasi.

Kiki Rizky berangkat ke Suriah pada sekitar tahun 2013.  Berangkat dari Malang bersama dengan Abdul Hakim naik pesawat, kemudian bertemu dengan rombongan yang lain di Jakarta, salah satunya adalah Salim Mubarok alias Abu Jandal, yang lainnya tidak diketahui namanya.

Berangkat ke Suriah setelah sering mengikuti pengajian dari seorang Ustad di Masjid Al Ghifary, Sukarno Hatta Malang. Pada saat mengikuti kajian bertemu dengan S.M. alias Abu Jandal dan oleh Abu Jandal ditawari untuk berangkat ke Suriah. Maksud dan tujuan ke Suriah pada mulanya adalah sebagai pekerja sosial untuk membantu korban perang.

Perjalanan bisa sampai ke Suriah dari Malang menuju Jakarta bersama dengan A.H. Sesampainya di Jakarta bertemu Abu Jandal dan berangkat bersama-sama dengan Abu Jandal dan beberapa orang lainnya menuju Turki yang transit di Singapura. Setelah dari Turki masum ke Suriah melalui jalur darat yakni jalan kaki. Berangkat ke Suriah dibiayai sebesar 1 juta oleh inisial H yang beralamat di Jl, Megamendung Malang. Namun uang tersebut diberikan keluarganya.

Sesampainya di Suriah tidak sesuai keinginan karena ingin membantu korban perang, namun disuruh untuk mengikuti pelatihan militer, Kiki Rizky tidak mengikuti pelatihan militer karena sakit setelah ditendang oleh instruktur. Ia ke Suriah tanpa sepengetahuan istri maupun orang tua, karena berpamitan untuk kerja di Saudi.


 
Dibaca: 135 kali    Post: 2017-12-09 19:18:48